DESA MUNCAR KEC.SUSUKAN KAB. SEMARANG

: Jl. R. Suharman Km 7 Muncar Susukan Kab. Semarang 50777 | : 085640080300 | : desamuncarsusukan@gmail.com

Bendungan Sungai Serang

img

Bendungan Sungai Serang

Kali Serang adalah sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang bermuara ke Laut Jawa. Kali Serang memiliki panjang sungai seluruhnya mencapai sekitar 133,17 km km mengalir dari barat-utara. Kali Serang berhulu di lereng timurlaut Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Semarang dan bermuara ke Laut Jawa di wilayah administrasi Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Sementara Sungai Lusi yang merupakan anak sungai terbesar yang dimiliki Kali Serang berhulu di Pegunungan Kapur Utara dan Pegunungan Kendeng

Alur KaliSerang melewati wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak. Sementara Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 601.57 km2 meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara. Dimana luas DAS paling luas mencangkup Kabupaten Grobogan yakni 146.154 km2. Wilayah hulu Kali Serang merupakan dataran tinggi dengan kontur curam sedangkan di bagian tengah berupa perbukitan bergelombang serta dataran rendah zona pantai yang terletak pada elevasi kurang dari 1,0 m dpl di bagian hilir sungai.

Di desa Muncar Kec. Susukan Kab. Semarang Bendungan Sungai Serang dimanfaatkan untuk irigasi persawahan penduduk desa setempat dimana kondisi wilayah desa yang kekurangan air, terutama pada saat musim kemarau. Selain itu banyak warga setempat yang memanfaatkan bendungan sebagai tempat nongkrong ataupun memancing. Hal ini dibuktikan dengan ramainya bendungan Sungai Serang terutama pada saat sore hari dan hari libur. Banyak warga yang sengaja datang baik dari wilayah desa Muncar sendiri ataupun dari luar desa.

Pada tahun 2017 direncanakan akan di laksanakan pembangunan embung di bawah bendungan Sungai Serang Muncar, yang merupakan hasil kerjasama antara pemerintah desa Muncar dengan pihak PUDAM Kab. Boyolali. Hal ini dikarenakan debit air di wilayah Kab.Boyolali terutama daerah Karanggede dan sekitarnya pada saat musim kemarau berkurang. Untuk itu pada bulan Juli 2017 lalu pihak PUDAM Boyolali mengadakan kunjungan ke Desa Muncar guna meminta ijin aparat desa dan warga setempat terkait rencana tersebut. Dan pada tanggal 29 Julli 2017 telah diadakan musdes di Balai Desa Muncar yang dihadiri oleh Kepala Desa Muncar Bp. Suharto beserta perangkat desa serta BPD, tokoh masyarakat dan LKMD, hasil rapat di putuskan bahwa warga desa menyetujui rencana PUDAM Boyolali.

Bapak Suharto selaku Kepala Desa Muncar mendukung sepenuhnya pembangunan embung demi kemajuan Desa Muncar. “ Saya setuju kalau di Desa Muncar akan dibangun embung demi kemajuan desa ini” ujarnya.

Ketua LKMD Desa Muncar, Bapak Djiminto berpendapat : “ Kami setuju saja kalau mau dibangun embung selama itu tidak merugikan warga desa Muncar, syukur-syukur dusun-dusun yang kekurangan air bersih bias ikut memanfaatkan embung tersebut dan untuk dusun yang jauh dari jangkauan embung nantinya bias juga dibuatkan sumur bor.”ungkapnya. Embung ini rencana selain digunakan sebagai reservoir PUDAM nantinya juga bisa digunakan sebagai objek wisata berupa taman ataupun tempat pemancingan ikan, dan pihak PUDAM bersedia membiayai pembangunan taman serta pembibitan ikannya.

Semoga rencana pembangunan embung ini bias berjalan lancar dan dapat segera terealisasi dan juga bisa meningkatkan perekonomian desa Muncar.