DESA MUNCAR KEC.SUSUKAN KAB. SEMARANG

: Jl. R. Suharman Km 7 Muncar Susukan Kab. Semarang 50777 | : 085640080300 | : desamuncarsusukan@gmail.com

BIMTEK SISTEM INFORMASI DESA (SID)

BIMTEK SISTEM INFORMASI DESA (SID)

        Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Semarang bekerjasama dengan Relawan TIK mengadakan Bimtek Sistem Informasi Desa (SID) pada hari Senin 16 Juli 2018 sampai dengan hari Kamis 19 Juli 2018 yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB. Bimtek dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama diadakan pada tanggal 16-17 Julli 2018 yang diikuti oleh 10 Kecamatan dan 109 Desa. Sepuluh Kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Ungaran Barat, Ungaran Timur, Bergas, Pringapus, Bandungan, Sumowono, Jambu, Bancak, Tengaran dan Suruh. Gelombang kedua diadakan pada tanggal 18-19 Juli 2018 dan diikuti oleh 9 kecamatan, 105 Desa yaitu Kecamatan Tuntang, Pabelan, Beringin, Banyubiru, Bawen, Getasan, Ambarawa, Susukan dan Kecamatan Kaliwungu.

      Sistem Informasi Desa merupakan proses dan apilkasi yang berbasis komputer, mengelola informasi kantor (Badan Publik Pemerintah Desa) dan mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan anggaaran, pengelolaan aset, layanan publik dll. Adapun manfaat SID itu sendiri diantaranya adalah memudahkan PemDes dalam mencari, memanggil, menyimpan dan mengolah data dan informasi desa; mempermudah akses informasi tentang desa; meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengolahan data dan informasi desa yang akurat dan selalu terbarukan secara berkala; memperluas jangkauan informasi dan memperkaya wawasan; meningkatkan kualitas pelayanan administrasi desa kepada masyarakat dan pemangku kepentingan; meningkatkan transparansi dan akuntabilitas; menegenalkan dan menyebarluaskan potensi sumberdaya yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; memudahkan masyarakat untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam suatu hubungan yang saling menguntungkan.

      Dispermasdes berharap desa bisa menggunakan SID yang sekarang ini secara berkelanjutan untuk tahun-tahun selanjutnya dan desa bias memaksimalkan website tersebut dengan baik.